KARANG TARUNA PUTRA CERDAS

Kemensos Ingatkan Karang Taruna di Era Industri 4.0

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin pada acara puncak peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Nasional, di Bandar Lampung, Sabtu (26/1). (Dok. Kemensos/re1)


Bandar Lampung, Gatra.com - Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin mengingatkan segenap anggota Karang Taruna, tentang tantangan bangsa di era revolusi industri 4.0.

“Karang Taruna harus mempersiapkan diri menghadapi era serba digitial ini. Karena anggota Karang Taruna pada dasarnya adalah generasi milenial dengan rentang usia 13-45 tahun,” kata Pepen Nazaruddin yang mewakili Mensos, Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara puncak peringatan Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Nasional, di Bandar Lampung, Sabtu (26/1).

Mensos menyatakan, revolusi industri 4.0 ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin, dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen. Ia yakin, Karang Taruna bisa memainkan peran penting di era revolusi industri 4.0.

“Karang Taruna bisa berperan sebagai salah satu agen, kekuatan mental dan sosial kontrol dalam melaksanakan dan menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Mensos.

Menurut Mensos, generasi milenial yang mengisi keanggotaan Karang Taruna punya karakteristik positif dan diyakini mampu menunjang peran sebagai kekuatan mental dan sosial kontrol.

Di antara karakteristik itu adalah kreatif (terbiasa berfikir out of the box , kaya ide/gagasan), confidence (sangat percaya diri dan berani mengungkapkan pendapatnya tanpa ragu), connected (generasi yang pandai bersosialisasi/adaptasi).

Namun sifat positif ini tetap harus ditopang dengan berbagai kemampuan tambahan. Karang Taruna tidak hanya harus pintar dan menguasai teori, tetapi juga harus memiliki kemampuan belajar ( learning ability ) yang tinggi, menyesuaikan dengan tuntutan revolusi industri 4.0.

Dengan cara itu, katanya, Karang Taruna dapat melahirkan wirausahawan muda, membangun dan mengembangkan Usaha Ekonomi Produktif di berbagai bidang dengan menerapkan teknologi digital, dan membuka lapangan kerja baru baik bagi anggota Karang Taruna maupun masyarakat luas.

Dalam kesempatan ini, Kemensos menyerahkan bantuan kepada pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung untuk usaha ekonomi produktif Karang Taruna dan paket sembako untuk masyarakat miskin dengan nilai total Rp100.000.000.

BBKT diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Karang Taruna, yang jatuh setiap 26 September. Sejumlah kegiatan dilakukan terkait BBKT, yakni kegiatan pengabdian dan pelayanan langsung kepada masyarakat baik berupa bantuan/santunan kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) terutama di tingkat desa/kelurahan.



Sumber Berita: http://www.gatra.com/rubrik/nasional/pemerintahan-daerah/384585-Kemensos-Ingatkan-Karang-Taruna-di-Era-Industri-4.0.


0 Komentar

Tulis Komentar